Kunyit, bahan warna batik alami penuh manfaat | WA 081390383003

Apakah anda pernah mendengar yang namanya kunyit? Pasti  bahan masak yang ada di dapur anda ini sudah tidak asing lagi di telinga anda. Dalam kehidupan sehari-hari, kunyit ditambahkan dalam berbagai macam hidangan yang kita santap. Kunyit juga dapat memberikan efek warna kuning yang cantik nan lezat di makanan yang kita sajikan. 

Tak terbatas pada makanan saja, para penggiat batik khususnya batik warna alam memanfaatkan keunikan kunyit ini untuk membuat warna kuning yang indah pada kain batik.  Tak berhenti di situ saja manfaat yang diberikan oleh tanaman ini, kunyit juga dimanfaatkan sebagai obat herbal alami yang bisa menyembuhkan jenis penyakit tertentu. 

Apa saja penyakit yang dapat disembuhkan oleh kunyit. Simak penjelasan berikut.

1.      Mencegah kanker

Kunyit dapat mencegah dan bahkan dipercaya dapat mengobati berbagai jenis kanker seperti pankreas, usus besar, payudara, prostat, dan perut. Karena senyawa antiinflamasi yang terdapat dalam kunyit dapat menekan pertumbuhan tumor dan kanker.

Kunyit mampu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit yang merusak sel akibat radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Para peneliti telah melakukan banyak percobaan pada potensi kunyit sebagai pengobatan komplementer pada pasien kanker.

Mereka juga menemukan bahwa kunyit secara selektif dapat menargetkan sel-sel kanker dan menghambat kemunculan dan pertumbuhan tumor. Kunyit juga membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat kemoterapi.

2.        Menyembuhkan arthritis atau nyeri sendi

Kurkumin pada kunyit berfungsi menekan respon peradangan yang terjadi pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi ini bisa membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan berlebih.

Namun, lagi-lagi manfaat kunyit ini bisa Anda peroleh jika mengombinasikannya dengan asam jawa. Sebab jika dikonsumsi sendiri, kunyit lambat diserap ke dalam darah tapi lebih cepat dipecah oleh hati sehingga tubuh tidak merasakan banyak manfaatnya.

Dalam jangka panjang, minum jamu kunyit asam dapat membuat hasil penurunan berat badan jadi lebih maksimal.

3.      Mengendalikan gula darah

Jika anda memiliki diabetes, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan pengobatan alami untuk mengendalikan gula darah tetap stabil. Salah satu yang bisa dicoba adalah kunyit. Sebuah studi tinjauan terbitan tahun 2013 menunjukkan curcumin dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Penelitian lain menunjukkan bahwa suplemen ekstrak kunyit membantu meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah, dan membuat gejala diabetes lebih mudah ditangani. Hal ini kemudian membantu menurunkan risiko komplikasi terkait diabetes yang diakibatkan oleh peradangan.

Namun, masih perlu lebih banyak uji klinis lainnya untuk memastikan manfaat kunyit untuk diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »