Kayu secang, bahan warna batik alami penuh khasiat | WA 081390383003

Kayu secang sering kali digunakan sebagai bahan warna alami oleh pengrajin batik warna alam. Jika kayu secang di aplikasikan pada kain katun akan menghasilkan warna pink keunguan. Selain itu, kayu secang memiliki banyak manfaat yang telah dipercaya sangat mujarab sejak berabad-abad silam sebagai ramuan obat tradisional andal untuk berbagai macam penyakit. Banyaknya manfaat kayu secang berasal dari intisari kayu ini yang kaya akan berbagai kandungan yang bermanfaat. 

Selain itu, khasiat kayu secang juga dihasilkan oleh zat khusus yang terkandung di dalamnya yaitu sappanchalcone dan Caesalpin P.
Dari berbagai zat tersebutlah kemudian tercipta banyak manfaat kayu secang yang sangat berguna bagi berbagai macam penyakit. Berikut manfaat dari kayu secang.

1. Kaya Antioksidan
Selama ini, kita mengenal teh sebagai tanaman yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Namun disayangkan mengkonsumsi teh secara berlebih memiliki dampak buruk yang tak baik bagi kesehatan, yaitu menyebabkan kecanduan layaknya kecanduan kafein. Untuk itu, jika sedang mencari minuman dengan kandungan antioksidan yang tinggi selain teh, Anda bisa mencoba beralih pada kayu secang.

2. Bersifat Antialergi

Khasiat kayu secang lainnya yaitu dapat dimanfaatkan sebagai bahan antialergi yang sangat efektif. Kelebihan ini merupakan akibat dari senyawa kalkon yang juga terkandung pada kayu secang. Menurut beberapa studi, mengkonsumsi air rebusan secang secara rutin terbukti mampu melemahkan hingga menghilangkan efek alergi apapun yang dirasakan tubuh.

3. Meningkatkan Imun Tubuh
 
Imunitas tubuh merupakan salah satu elemen penting yang harus dirawat karena berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan penyakit. Anda bisa memperkuat imun tubuh dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi air rebusan kayu secang. Karena, kayu secang diketahui mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan tinggi. Kandungan itulah yang dapat meningkatkan imun tubuh Anda dan menghindarkan dari kerusakan sel-sel tubuh secara oksidatif.

4. Bersifat Antimikroba

Kayu secang bersifat antimikroba salah satunya karena mengandung metanol yang berfungsi menghambat bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut diketahui bisa menimbulkan infeksi kulit, keracunan makanan, hingga infeksi persendian. Salah satu cara termudah mengonsumsi kayu secang untuk mendapatkan khasiat ini adalah dengan meminum air rebusan kayu secang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »